Pertumbuhan Properti Indonesia Nomor 1 di Asia Tenggara

Dijual Rumah Murah – Sebelum membahas lebih jauh, ada satu fakta yang menunjukkan mengapa Anda harus memiliki rumah.Yaitu adalah karena Indonesia adalah negara nomor satu dengan pertumbuhan properti hunian tertinggi sepanjang 2013 di Asia Tenggara.

Menurut Global Price Index keluaran Knight Frank, Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan harga rumah tahunan dua digit, yaitu sebesar 11,5 persen pada kuartal keempat 2013 dari periode yang sama tahun sebelumnya. Posisi itu jauh berada di atas Malaysia yang Cuma 10,1%, dan Singapura 1,9%.

Sementara secara global, dari 56 negara yang disurvei, Indonesia berada di posisi ketujuh. Diikuti Kolombia, Amerika Serikat, dan Polandia dengan persentase pertumbuhan harga masing-masing 11,5%, 11,3%, dan 10,2%.

Dengan kenaikan harga yang signifikan itu, tidak salah rasanya kalau Anda mulai memikirkan untuk membeli rumah. Selain untuk dijadikan tempat tinggal, properti itu juga bisa dijadikan aset investasi yang sangat berguna di masa depan.

Mengapa Saya Harus Menggunakan KPR ?

Namun, ternyata kegunaan KPR tidak cuma itu saja. Masih ada banyak kegunaan KPR yang membuatnya menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah. Apa saja? Berikut pembahasannya.

1. Uang Muka Ringan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan menggunakan KPR, Anda tidak perlu memusingkan besarnya harga rumah, karena tinggal menyiapkan uang mukanya saja. Sekarang tinggal Anda yang harus menemukan bank mana yang memberikan penawaran pembiayaan cukup besar, yaitu minimal 80%. Karena semakin tinggi margin pembiayaannya, maka uang muka yang mesti disiapkan tentu semakin kecil.

Beberapa bank yang memberikan margin pinjaman cukup besar diantaranya Commonwealth Bank KPR, Panin Bank KPR, Permata Bank KPR Tetap, dan lainnya.

2. Legalitas Terjamin

Dengan menggunakan KPR dari bank resmi, Anda tidak cuma mendapatkan rumah impian. Tetapi juga sertifikat yang menjamin legalitas tempat tinggal kita. Sebelum menerima surat tersebut, biasanya bank akan mengecek keabsahannya lewat Badan Pertanahan Nasional(BPN). Dengan begitu, tidak perlu lagi khawatir tanah atau tempat tinggal kita akan diserobot pihak tidak bertanggung jawab.

3. Rumah Siap Huni

Cicilan rumah belum lunas, bukan berarti kita tidak boleh menempatinya. Sebab, dengan membeli rumah dengan KPR, berarti Anda bisa langsung menghuninya, bahkan sebelum utang pinjaman lunas. Lagi pula, masa iya, kita masih harus tinggal di tempat lain padahal kita sudah memiliki tempat tinggal.

4. Menggunakan Pengembang Terpercaya

Jangan khawatir akan dicurangi pengembang kalau Anda menggunakan KPR dari bank terpercaya. Karenanya, kalau mereka berlaku tidak jujur, batal atau mundur dari pembangunan rumah kita, maka pihak kreditur tentu akan ikut merugi.

Karena itulah bank tentu akan memilih bekerja sama dengan pengembang properti yang bereputasi baik. Tidak cuma untuk menjamin keberadaan dana mereka, tetapi juga untuk menjaga nasabah mereka yang merupakan sumber pemasukannya (bunga bank).

5. Investasi Jangka Panjang

Bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal, usahakan cari rumah yang berada di lokasi strategis atau mudah diakses. Karena nilainya dijamin akan meningkat luar biasa dalam beberapa tahun. Siapa yang tidak mau, setelah cicilan seluruh pinjaman KPR lunas, nilai rumah rumah ternyata sudah melebihi total uang yang dibayarkan ke bank.

Karena itu, jangan heran kalau rumah sudak menjadi alat komoditas investasi menggiurkan dalam beberapa tahun belakangan.

6. Untuk Kebutuhan Investasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak semua orang membeli rumah untuk kebutuhan tempat tinggal. Sebab, sekarang banyak konsumen yang menginginkannya sekedar untuk dijadikan aset investasi.

Salah satu yang sedang banyak dilakukan adalah dengan mengontrakan rumah yang dibeli dengan KPR, kemudian menggunakan uang sewanya itu dipakai untuk membayar cicilan bulanan, Dengan begitu, kita akan memperoleh rumah secara gratis. Tertarik mengikuti?

7. Dilindungi Asuransi

Dengan menggunakan KPR, biasanya pihak bank juga mensyaratkan adanya asuransi properti. Namun ingat, tidak semua bank menawarkannya secara bundle dengan cicilan loh. Bila tidak mau ribet, cari KPR yang sudah memasukan preminya sekalian dengan tagihan bulanan kredit.

Mengapa ketika mengambil KPR, rumah harus dilindungi asurnsi. Karena hal itu diperlukan untuk melindungi tempat tinggal Anda dari risiko kebakaran atau kejadian tak diinginkan lain. Di samping itu, tentunya juga agar pihak bank tidak mengalami kerugian akibat kejadian tersebut.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *